Sabtu, 22 Januari 2011

Rahman dan rahim –episode ‘istriku paling pinter’—

Urung tetes hujan mencumbui tanah kering dalam tangis kemarau panjang, wew..? musim kemarau datang lagi..., tapi sama sekali tidak membuat kering suasana Jumpa antara si Rahman dan si Rahim hari ini. Seperti biasa, saat senja menyengat mata dengan pesonanya, disudut balai-balai dekat sawah mereka mengakhiri hari dengan kisah lugu perjumpaannya.

“uyee...” – sapa rahman dengan wajah berseri-seri, terlihat ‘tumben’ memang wajah seperti itu dicokolkan rahman pada rahim setelah sebulan rahman mengakhiri masa lajangnya.

“Wooo..yo bengkel..!, wuidih.. gimana neh kabarnya pengantin baru?” jawab rahim sambil terheran2 melihat wajah rahman yang tampak asing setelah terakhir minggu kemarin ia jumpai.

“Sedap.. mamen.., eh ngomong-ngomong, gimana nih keadaan istri kamu di rantau malaysia?- rahman

“Alhamdulillah.. baik, loh.. belum tahu juga kalo istriku itu paling baik dan paling pinter sedunia!!, lihat dong! neh.. baju ini (sambil mengangkat tinggi-tinggi krah baju BATIK yang dipakainya) , celana ini, semua hasil kiriman dari dia kemarin, belum juga yang kusimpen ditabungan..” – rahim mencoba menyombongkan diri.

“ salah besar kamu ngomong kayak gitu didepan aku ‘suami yang paling beruntung’ ya.. Majnun..!, buktinya semalem aku sampai dibuat merinding sama tutur katanya yang Halus... bikin betah deh di kamar..!, istri kamu? Beuh.. !! jauh lewat...!”- Rahman tak mau kalah.

Sedikit penarasan sesuai karakter khasnya..
Rahim kemudian bertanya pada rahman,
“sedap.. mamen, emang kenapa? gimana? gimana?, cerita’in dong.. kita kan Sohib..”
Sambil tersipu, puas melihat rahim penasaran kemudian si rahman menjawabnya dengan pelan berbisik-bisik...

“awalnya gara-gara minggu kemarin tuh.. pas kita main Badminton ampe malem, eh puncaknya malam tadi pas nyeri badan ini makin menjadi-jadi akibat kecapean, tahu ndiri kan? Curiga dong dia.. hi.hi.hi.. tahu gak istriku tuh sampai sujud-sujud pas ngomong ma aku....”- rahman

“wah.. beruntung kamu man.., terus..terus...?”-tanya rahim semakin penasaran.
“halu..u..u...usss banget kaya puteri keraton dia bilang sama aku.. ‘kang mas... panjenengan ngertos?.. panjenengan niku Segawon, purun mboten medhal, sambil memegang susuk penggorengan??’, terpaksa deh aku nyerah.. aku keluar aja dari kolong tempat tidur..” –Rahman

Rahim – “ ha.ha.ha.... itu sih bukan pinter namanya... pelan... tapi dalem.. pas tuh buat kamu Man Segawon.. hahaha..., lagian kenapa kamu gak terus terang aja ngomong kita habis Badminton??
_maaf kata ‘Segawon’ agak kurang sopan.

1 komentar:

  1. -istri,
    Mereka adalah unsur terdekat, kekuatan terbesar, dan rong-rongan paling dahsyat bagi perjuangan suami. Dengan menyempatkan waktu sejenak, Alangkah baiknya kita menyimak kisah ketauladan’an seorang istri, dari wanita agung yang hidup disisi seorang laki-laki yang namanya abadi terlekati keangkuhan, kedustaan, permusuhan terhadap Da’wah, dan tiran. Inilah Aisyah, isteri Fir’aun:
    “dan Allah membuat pemisalan bagi orang-orang beriman dengan isteri Fir’aun, ketika ia berkata: ‘Wahai Rabbku, bangunlah untukku sebuah rumah disisiMU, didalam surga. Dan selamatkanlah aku dari Fir’aun dan perbuatannya.. dan selamatkanlah aku dari orang-orang yang zhalim.” ( At Tahriim 11 )

    BalasHapus